Pengalaman Berburu Buku di BBW Jakarta 2017 (Saat VIP Day)


Jika sebelumnya sepuluh anggota Jakarta Book Club dimanjakan sebagai first shoppers, kini lebih banyak lagi teman-teman JBC yang berkunjung ke bazaar buku Big Bad Wolf (BBW) di VIP Day, Kamis, 20 April 2017.


Ingin tahu pengalaman mereka? 

Ini juga bisa jadi petunjuk bagus buat kamu yang baru pertama kali datang ke BBW atau butuh tips khusus untuk jadi pembelanja buku yang efektif di bazaar buku yang menyediakan jutaan koleksi buku impor diskon dan menyedot ratusan ribu pengunjung sejak kehadirannya tahun lalu di Indonesia ini.




Tentang Tradisi VIP Day di BBW

Sejak awal pelaksanaannya, para pendiri dan partner BBW menyediakan satu hari khusus sebelum hari pembukaan untuk mengundang para tamu VIP, anggota Wolf Pack, dan komunitas pecinta buku ke dalam area penjualan buku dan menjadi konsumen yang lebih dulu mencoba pelayanan mereka.

Tahun lalu, panitia BBW dan pihak penyelenggara (ICE BSD) sama-sama tidak mengantisipasi luapan pengunjung yang makin bertambah setiap harinya – mungkin akibat dorongan dari orang-orang sekitar dan share di sosial media. Karena itu, April 2016 lalu kita hanya melihat ratusan orang yang mengunjungi BBW (tidak pada saat yang bersamaan) karena terbatasnya jumlah undangan dan diadakan saat hari kerja, sehingga kita bisa benar-benar merasakan nyamannya belanja di BBW saat VIP Day. 

Belasan anggota JBC yang bisa datang di VIP Day tahun lalu sempat melihat Duta Baca Indonesia Najwa Shihab di acara pembukaan, kemudian Anies Baswedan (saat itu menjabat posisi lebih tinggi sebagai Mendikbud) yang berkunjung di siang hari bersama belasan staf pemerintahan. Nggak ada tuh acara berdesak-desakan, apalagi ngantre di kasir selama berjam-jam buat bayar. Kami semua pulang dengan senyum lebar, kaki pegal dan kantong cekak karena masing-masing orang berbelanja buku lebih banyak dari rencana semula. Hehehe.

Namun, dengan bertambahnya jumlah VIP Pass yang dibagikan lewat media sosial, partner sponsor serta berbagai komunitas, tahun ini VIP Day sudah dibanjiri ribuan pengunjung – yang bahkan sudah mengantre sebelum pintu masuk dibuka!
Jakarta Book Club sendiri sudah menyebarkan sekitar 80 VIP Pass kepada para anggota dan kolega, dengan harapan mereka bisa mengalami kenikmatan berbelanja buku yang lebih baik seperti yang kami rasakan tahun lalu.

Apa Kata Teman-Teman JBC yang Datang ke BBW VIP Day?

Dina, salah satu JBC Officer yang kebetulan nggak bisa ikutan acara BBW Preview tanggal 19 April kemarin, memutuskan pergi saat VIP Day dan bela-belain ambil cuti supaya bisa puas berbelanja buku seharian. Dia datang pk 11:00, mulai antre untuk membayar belanjaan pk 14:30, dan baru selesai dilayani sekitar pk 19:30.

“Ini parah sih (sistem antrenya). Nggak usah beli buku diskon nggak apa-apa deh!” tukasnya kapok karena kelelahan antre lima jam lebih.

Keluhan senada dilontarkan oleh teman-teman lain, seperti Katherine dan Medya yang juga mengantre berjam-jam di kasir. Ada kemungkinan keluhan tersebut dilontarkan karena mereka adalah pengunjung perdana, alias belum pernah pergi ke BBW sebelumnya.
”Sabar ya, kawan-kawan,” kata Denis via WhatsApp Group. Dia dan Andri sama-sama beruntung karena kemarin sudah ikutan BBW Preview dan hari ini bisa masuk antrean kasir line khusus (Fast Track) karena menukarkan 100 fiesta poin Mandiri. Repot juga yah kalau nggak punya kartu kredit atau debit Mandiri?

Konsumen Bank Mandiri memang cukup dimanjakan di event BBW ini, karena selain bisa menukarkan Fiesta Poin dengan diskon 20%, mendapatkan voucher belanja senilai Rp 50.000 untuk pembelian minimum Rp 500.000 (berlaku kelipatan hingga maksimal Rp 300.000), pemegang kartu kredit Mandiri juga bisa mendapatkan cicilan 0% selama 6 bulan. Para pemegang kartu debit dan e-money Mandiri juga bisa dengan mudah mengambil uang lewat ATM Mandiri yang disiapkan di depan Hall 10, atau mengisi ulang e-money di booth khusus yang letaknya dekat dengan food court.



”Ada petugas/ volunteer (di kasir) yang nggak bisa mengoperasikan mesin EDC,” kata Andri.  

Anggota JBC lain Grahani memutuskan pulang dengan tangan hampa setelah antre tiga jam di kasir. ”(Tadi) kasirnya offline semua,” keluhnya.

Ternyata, di VIP Day ini banyak terjadi kendala teknis, misalnya barcode buku yang tidak bisa di-scan sama sekali, atau mesin pembayaran yang tiba-tiba offline. Menurut Dina, ada juga kasir yang berusaha mempercepat sistem kerjanya dengan mengalikan jumlah buku yang harganya sama.  

Kategori Buku Anak Masih Paling Laris  

Menurut pengamatan seorang teman JBC, antrean kasir BBW masih panjang bahkan setelah VIP Day ditutup pk 23:00.

”Masih ngabisin antrean entah jam brp kelar,” kata Peter yang saat BBW Preview kemarin sudah memborong empat buku Alan McGee berjudul ”Creation Stories”. Ia memang mengaku ngefans berat pada pemilik music records dan pengarang buku autobiografi Morrissey asal Skotlandia tersebut. 😊  

Buat kamu yang nggak kebagian VIP Pass dan berencana datang di hari biasa, nggak perlu kuatir kehabisan stok buku, kok, karena ada lima juta buku yang akan dijual selama penyelenggaraan BBW di ICE BSD Hall 7-10, mulai 21 April hingga 2 Mei. Bazaar buku ini akan dimulai pk 08:00 besok, tapi selanjutnya akan dibuka selama 24 jam.

”Tumpukan buku anak udah paling acak-acakan dibanding yg lain!” tukas Mita. Tak heran, karena di acara BBW VIP Day nampak beberapa penjual jastip (jasa titip) yang memborong buku dalam jumlah luar biasa.

Saran Khusus untuk Pengunjung Tahun Ini (2017)

Sama seperti tahun lalu, panitia BBW selalu menyarankan untuk memakai pakaian dan sepatu yang nyaman, membawa kipas dan air minum untuk mencegah dehidrasi, serta ambil waktu untuk beristirahat sejenak saat capek berbelanja.

Kami berikan beberapa tips tambahan yang cukup penting, terutama bagi yang pertama kali ke BBW:
  • Jangan pernah pergi ke Big Bad Wolf sale seorang diri. Selain nggak seru, kamu juga nggak punya teman yang bisa bertukar antrean, menjaga barang saat kamu ke toilet, mengingatkan kamu saat kalap belanja…atau meminjamkan ongkos pulang kalau kamu bokek 😃
  • Pastikan kamu tiba di BBW dengan kondisi fisik fit dan kenyang. Jadi, lebih baik sarapan, makan siang, atau makan malam dulu. Just eat something! Jika memungkinkan, bawa bekal minum dan makanan kecil sendiri. Kamu juga bisa makan/minum di food court yang 24 jam, tapi seperti kata Dina, ”Belinya nggak susah tapi bayarnya susah!” Berdasarkan pengalamannya, antre di kasir food court bisa 45 menit, bayangin aja kalau kamu antre dalam keadaan super lapar, bisa sewot, kan?
  • Kalau kamu kesulitan cari taksi online, pihak ICE BSD menyediakan shuttle bus gratis yang akan melewati Edutown (Prasetya Mulya) - Aeon Mall - Green Cove -- The Breeze/Green Office Park. Tapi, perhatikan waktunya, karena busnya cuma datang tiap 40 menit sekali dari pk 09:00 sampai dengan pk 21:40.
  • Lihat daftar buku yang akan dikeluarkan oleh BBW dengan memantau IG stories di akun Instagram resmi BBW dan melihat koleksi buku per kategori, misalnya buku-buku bisnis dan self-help, buku-buku masakSelanjutnya, browse review buku-buku yang asing buat kamu, tentukan anggaran belanja dengan memperkirakan jumlah buku yang akan kamu beli dalam waktu tertentu (misalnya kamu perlu membatasi waktu memilih-milih buku hanya 1,5 jam dan segera jalan di kasir untuk membayar). Jika kamu kurang disiplin dalam mengatur waktu belanja ini, akan selalu ada pilihan buku lain yang menggiurkan dan menunda perjalananmu menuju kasir.
  • Menurut obrolan dengan panitia BBW, mereka akan mengeluarkan supply baru dari kontainer di pertengahan minggu depan. Lalu, demi menambah animo masyarakat di hari kerja, Selasa- Jumat depan (25-28 April) pk 18:00 stan Mandiri akan menampilkan sesi tanda tangan dan foto bersama para penulis Indonesia, termasuk Dee Lestari.

Beberapa Kelemahan yang Perlu Diperbaiki

Berhubung teman-teman di Jakarta Book Club selalu antusias menyambut BBW dan ingin book sale event ini meningkat kualitasnya, ada beberapa hal yang bisa dibenahi:
  1. Saat kami di sana, food court hanya menerima pembayaran dengan kartu kredit atau debit. Ada baiknya belajar dari food court semacam Eat & Eat atau acara tahunan seperti Java Jazz Festival yang menerima pembayaran dengan e-money. Pembeli tinggal antre untuk isi ulang kartu dan refund saja, kemudian membayar di tenant dengan cara meletakkan kartu di atas scanner.   
  2. Antrean BBW saat VIP Day kali ini benar-benar memakan usia orang yang ingin membeli. Mungkin lain kali bisa dipisahkan antara kasir untuk ”pembeli cepat” alias mereka yang hanya membeli maksimal 15 buku, serta antrean untuk bulk buyers yang jumlah pembayarannya bisa mencapai belasan juta rupiah. Dengan begitu, pembeli tidak jadi malas antre atau bahkan membatalkan pembelian.
  3. Membatasi pemberian VIP Pass sehingga volume pengunjung saat VIP Day hanya berjumlah ratusan. Ini akan memberikan kesan eksklusif dan orang pun tidak kecewa saat mengambil cuti hanya untuk belanja buku di BBW.
Semoga event Big Bad Wolf tahun ini berjalan dengan sukses dan lebih baik daripada saat VIP Day. Terima kasih atas partisipasi teman-teman JBC yang sudah memberikan feedback, baik yang positif maupun negatif mengenai acara hari ini.

*PS. Artikel ini ditulis oleh Shirley, Founder Jakarta Book Club. Foto dan gambar merupakan hasil karya tim Jakarta Book Club. Mohon tidak mengutip atau mengambil gambar tanpa ijin penulis.


Comments

  1. Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!!
    ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
    Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
    ONLY ON BOLAVADA
    Info lebih lanjut silahkan hubungi operator kami:
    BBM : D89CC515
    No. HP : 0812-8836-2917
    +6281297272374
    081288362917
    LINE : Bolavada
    Terima Kasih
    Bonus 10% All Games Bolavada
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!!
    BBM : D89CC515

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts