Panduan Belanja Buku di Big Bad Wolf Jakarta (30 Apr s/d 8 Mei)

JBC founder Shirley Christie (kiri), bersama Anggie (kanan), Jacqueline Ng dan Andrew Yap (berkemeja batik)
Untuk pertama kalinya sejak 2009, bazaar buku Big Bad Wolf (BBW) digelar di Indonesia. Book sale yang menghadirkan jutaan buku impor berbahasa Inggris ini dimulai oleh Andrew Yap, beserta istrinya Jacqueline Ng, dan beberapa kolega dari Malaysia yang ingin menularkan minat baca di Asia.

Sejak Big Bad Wolf book sale – nama catchy yang diambil dari cerita dongeng Little Red Riding Hood – diadakan tujuh tahun lalu, acara tersebut sudah menjadi acara warehouse sales teramai di Malaysia.

“Semua buku-buku ini kami pilih secara pribadi dari Inggris dan Amerika Serikat,” kata Jacqueline Ng saat bertemu dengan teman-teman Jakarta Book Club di pre-sale BBW, Jumat, 29 April 2016. Jadi, selama beberapa bulan dalam setahun, pasangan pecinta buku ini berkeliling untuk mempersiapkan persediaan buku yang akan dijual di tahun berikutnya. Andrew Yap berbaik hati menunjukkan kami “gudang” tempat tim BBW menyimpan buku-buku yang akan dikeluarkan secara bertahap dari 30 April hingga 8 Mei 2016. UPDATE: BBW diperpanjang hingga 9 Mei 2016. Bazaar buku yang bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City ini mengambil area Hall 9 dan 10.




“Masih ada 5 container lagi yang masih dalam perjalanan,” kata Andrew Yap, sambil menunjukkan timbunan kardus kosong dan ratusan kardus yang masih tergeletak rapi memenuhi Hall 9. Meski di negara asalnya acara ini sudah memiliki omzet jutaan dolar, Andrew mengatakan bahwa timnya mengambil resiko dengan melebarkan sayap ke Indonesia.
Hasil perburuan hari pertama: Rp 1 juta bisa dapat 15 buku

Menjual Lebih dari 1Juta Buku dalam 9 Hari

“Tahun ini kami melihat penjualan paling slow, terutama karena pelemahan nilai mata uang yang sangat berdampak bagi bisnis kami,” katanya.

“Tapi kami melihat sudah saatnya masuk ke Indonesia. Kalian memiliki populasi 10 kali lebih besar dari kami (Malaysia). Tujuan utama kami memang nggak semata-mata mencari untung, tapi ingin menularkan minat membaca,” jelasnya. Dengan pertumbuhan kelas menengah, ada kecenderungan para orang tua ingin memberi yang lebih baik bagi anak-anaknya. Jika dulu ketika mereka masih anak-anak akses ke buku berkualitas sangat jarang dan mahal, sekarang mereka bisa mendukung anak mereka untuk membaca buku dan belajar bahasa Inggris sejak usia dini.
Perbedaan antara pasar Indonesia dan Malaysia
Semua buku yang ada di Big Bad Wolf sudah didiskon sebesar 60%-80% dari harga retailnya. Ada lebih dari satu juta koleksi buku yang bisa dipilih, dan ini baru sebagian dari koleksi yang dihadirkan di Malaysia. 
“Target kami ingin menjual 90% dari buku-buku yang dipamerkan ini. Jika tercapai, kami akan datang kembali dengan format yang lebih besar, seperti yang kami lakukan di Malaysia,” kata Andrew. Wow, jadi target tahun ini minimal 900.000 buku terjual di Indonesia. Semoga target tersebut tercapai, supaya tahun depan BBW bisa diadakan di kota-kota besar lain seperti Surabaya dan Bandung, ya!

Cara Tercepat Menuju Big Bad Wolf di ICE, BSD City

Saat pertama kali memasuki ICE, BSD City, sebaiknya langsung cari tanda-tanda Big Bad Wolf di Hall 9 dan 10. Jika Anda membawa mobil sendiri, tersedia area parkir yang cukup nyaman di depan Hall 10. Bagi yang naik taksi, ojek atau Uber, mintalah driver untuk menurunkan Anda di Hall 9 atau 10. Lokasinya sangat dekat dari Santika Premiere ICE, jadi seandainya Anda menginap di sana, jalan kaki juga memungkinkan. Lihat petanya di sini.

Suasana di ruangan penjualan buku
Bagaimana dengan kendaraan umum? Beberapa teman Jakarta Book Club sudah mencoba naik KRL dari stasiun Tanah Abang mengarah ke “Serpong”, lalu turun di Rawa Buntu. Jadwal KRL bisa dilihat dan diunduh di sini. Kalau Anda naik KRL dari Tanah Abang dan lanjut dengan taksi atau Uber menuju ICE, ongkosnya sekitar Rp 29.000 untuk 2 orang. Waktu tempuhnya sekitar 40 menit, jika Anda tidak menunggu kereta.
“Asal kita bawa koper beroda, nggak masalah kok naik kereta, karena di stasiun Rawa Buntu bisa jalan dengan nyaman dan tinggal ambil taksi ke ICE,” kata Anggie, anggota JBC yang menenteng cabin bag kosong dari rumah dan pulang dengan overweight bag :) 

Biaya taksi reguler dari Jakarta Pusat (Grand Indonesia/ Bundaran HI) mencapai sekitar Rp 159.000 – sudah termasuk ongkos tol Rp 21.000, sementara biaya pulang naik taksi bisa memakan Rp 140.000 dalam kondisi lalu lintas normal. Pertimbangkan untuk mencari GrabCar atau Uber yang mencantumkan kisaran harga di awal pemesanan, sehingga Anda nggak perlu khawatir melihat argo taksi meski keadaan lalu lintas macet. Jika Anda pergi berempat atau lebih, naik mobil tentunya lebih nyaman, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Bayangkan saja satu orang akan pulang dengan minimal 5 buku di tangan, jadi sebaiknya sediakan ruang di bagasi.   

“Kemarin (tgl 29 April) sudah niat untuk ke (pre-sale) BBW sepulang kantor, tapi langsung nggak jadi karena traffic di sepanjang Sudirman nggak bergerak,” kata Bisma yang gagal pergi ke BBW Jumat malam kemarin. Maka, saran kami, datanglah lebih awal dan hindari pergi ke BSD City dari Jakarta sepulang kantor (kecuali Anda memang tinggal di Tangerang). 

Sepanjang hari kerja, BBW buka pk. 11.00-23.00, tapi di akhir minggu dan hari libur tanggal 5-6 Mei, BBW buka non-stop alias 24 jam! Jam yang disarankan adalah sekitar pk. 07.00.

Tunggu kabar selanjutnya saat Jakarta Book Club kembali mengunjungi BBW tanggal 5 Mei malam (menjelang subuh 6 Mei)! Jika ada banyak peminat, kami akan mengadakan permainan berhadiah di tempat acara.

Cara Efektif Berbelanja di Big Bad Wolf

Seperti halnya shopping di bazaar baju atau midnight sale, kita perlu “strategi” guna memaksimalkan kunjungan ke BBW, terutama jika Anda berencana hanya datang sekali. Berikut ini beberapa pengamatan kami:

1. SEBELUM BERANGKAT: Pastikan Anda memakai pakaian nyaman, dan membawa tas ringan atau koper beroda untuk lebih meringankan beban. Teman-teman JBC semua mengaku capek dan sedikit pusing setelah berputar dan melihat tumpukan buku-buku, jadi nggak ada salahnya beristirahat setelah 2 jam berkeliling. Sediakan setidaknya 3 jam untuk berada di Big Bad Wolf. Jangan khawatir, ada penjual makanan & minuman seperti booth minuman teh Fiesta (Rp 8000 per botol), Old Town coffee (cappuccino dingin Rp 30.000), Dapur Solo, dan sebagainya. Jika ingin berhemat, Anda juga bisa bawa makanan & minuman sendiri.   

Panduan saat mengitari area penjualan Big Bad Wolf Jakarta. Posisi kategori buku mungkin berubah sesuai stok yang tersedia.

2. SAAT MASUK: Ambil keranjang belanjaan beroda yang tersedia di pintu masuk. Lalu, berjalanlah dari pojok kiri searah jarum jam ke dalam (seperti alur obat nyamuk – lihat gambar di atas) atau sebaliknya. Anda akan memasuki bagian buku-buku lokal di bagian Mizan, lanjut ke bagian genre literature (fiksi) di sebelah kiri ruangan, dan lanjut ke bagian children’s books yang mengambil 1/3 bagian dari keseluruhan koleksi buku. Jika Anda ingin skip buku-buku anak, percepat jalan Anda hingga ke bagian kanan ruangan hingga sampai ke genre "travel". Teruskan perjalanan Anda hingga berakhir di bagian buku-buku resep alias "cookery" (non fiksi). Saat Anda selesai, Anda akan berada di tengah ruangan dan siap untuk menuju ke kasir tanpa harus bertabrakan dengan banyak orang yang tengah melihat-lihat buku.
Beberapa contoh buku anak-anak berbahasa Inggris
3. SAAT MENITIPKAN BARANG: Area penitipan di dalam disediakan untuk buku-buku yang belum dibayar serta koper yang ingin Anda ambil saat sudah siap melakukan pembayaran. Letaknya di pojok kiri yang paling dekat dengan lokasi kasir. Pastikan untuk menyimpan nomor penitipan untuk memudahkan pekerjaan para staf BBW. Tersedia area penitipan juga di dekat pintu keluar.  

4. SAAT MEMBAYAR: Anda bisa menyiapkan cash, kartu debit Mandiri (bank lain tidak diterima), atau kartu kredit bank apapun. Jika Anda terpaksa menarik uang tunai, Anda harus keluar dari Hall 9 dan berjalan sekitar 10 menit ke Hall 3 untuk menemukan ATM Bersama. Sayangnya, kartu debit BCA tidak berlaku dan ATM BCA tidak ditemukan di lokasi. Jika ingin membawa uang tunai, sediakan sesuai anggaran belanja Anda. Kisaran harga buku-buku anak adalah Rp 30.000-Rp 150,000, sementara buku-buku untuk orang dewasa seharga Rp 30.000-Rp 580.000. Hanya beberapa buku yang harganya di atas Rp 200.000 – salah satu yang termahal menurut pengamatan Jakarta Book Club adalah Pattern: 100 Fashion Designers, 10 Curators yang dijual dengan diskon sekitar 40% menjadi Rp 580.000.   


5. TENTANG DISKON BANK MANDIRI: Sebagai sponsor utama acara BBW Jakarta tahun ini, Bank Mandiri menawarkan cicilan kartu kredit Mandiri serta diskon tambahan untuk ecash dan fiesta poin. Sayangnya, ada kesalahan informasi tentang emoney. BBW sama sekali tidak menerima pembayaran dengan kartu Mandiri pre-paid (emoney). Saat Jakarta Book Club berusaha membayar dengan kartu debit Mandiri, terjadi error process, sehingga staf BBW harus melakukan swipe sebanyak 7 kali dan terus-menerus gagal! Setelah sekitar 15 menit mengulang proses tersebut, saya memutuskan membayar dengan kartu kredit. Sedikit mengecewakan memang dukungan Bank Mandiri ini. Untuk menghemat waktu Anda, siapkan saja uang tunai.

6. SAAT KELUAR: Anda akan melewati stand “Red Reader Hood” dimana beberapa staf BBW akan menawarkan buku-buku untuk dibeli seharga mulai dari Rp 20.000. Buku-buku tersebut akan didonasikan kepada anak-anak yang membutuhkan. Jika Anda tertarik, silakan tanyakan informasi kepada staf yang bertugas di sana. Di pintu keluar, staf BBW akan memeriksa struk pembelian serta kantong belanjaan Anda. Mirip seperti kalau berbelanja di toko grosir, hehehe.  
Beberapa contoh buku di genre "music"

Etika Saat Berbelanja Buku

Kami tahu kalau crowd yang berbelanja buku beda dengan orang yang bela-belain ikut midnight sale. Buku juga bukan barang primer seperti sembako yang layak diperebutkan. Tapi, pasti ada saja orang-orang menyebalkan di bazaar buku – mereka yang makan minum di dalam ruangan, merobek plastik buku, tidak mau antri, dan sebagainya. Anda bisa mengikuti beberapa peraturan dasar ini supaya tidak jadi salah satu dari mereka:
  •         Jangan bawa makanan dan minuman Anda ke dalam ruangan bazaar, terutama saat melihat-lihat buku. Tangan yang basah akan membuat kertas buku kusut dan membuat orang malas membelinya.
  •         Semua buku yang dijual di BBW adalah buku baru dan beberapa diantaranya masih bersampul plastik. Jangan merobek plastik buku sebelum membayarnya. Itu sama seperti minum teh kotak di dalam supermarket sebelum Anda membayarnya di kasir.
  •         Jangan meletakkan buku sembarangan. Jika Anda tidak jadi membeli, lebih baik berikan kepada para staf yang bertugas supaya mereka bisa membantu Anda menaruh buku-buku tersebut di tempat asalnya.
  •         Staf BBW terbukti cukup ramah dan membantu. Berbicaralah dengan sopan dan hargai bantuan mereka – meski sebagian besar shop assistants atau volunteer kurang mengerti soal buku.
  •         Buku-buku di BBW dijual dengan harga murah untuk meningkatkan minat baca. Anda tentu tidak tega menjual buku-buku tersebut dalam jumlah besar dengan harga lebih mahal, bukan?
  •         Tunjukkan bahwa orang Indonesia juga bisa patuh terhadap peraturan antri, tidak peduli siapa pun Anda – single, beranak dua, atau bahkan beranak empat. Orang lain punya hak yang sama dengan Anda untuk menikmati bazaar.
Berpose setelah lelah berbelanja. Sekarang tinggal ambil waktu untuk membaca.
Jika ada pertanyaan seputar Big Bad Wolf Jakarta, jangan ragu untuk bertanya ke akun twitter resmi BBWBooks_ID atau Facebook page bbwbooksindonesia. Selamat berburu buku!

Comments

  1. halo, kalo saya mau brgkt dg estimasi sampai pukul 8 pagi ditanggal 5 Mei sudah buka belum ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Widya, menurut jadwal BBW, mereka baru buka pk. 9.00 tgl 5 Mei dan NON STOP hingga tgl 8 Mei pk 23.00. Ide bagus untuk sampai sana jam 8:45, jadi begitu pintu dibuka belum terlalu ramai. Happy book hunting! :)

      Delete
    2. Beneran 24 jam buka terus?

      Delete
    3. Iya, buka non stop sampe Minggu malam

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. kalau hari pertama langsung ramai ga ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, hari pertama kemarin ramai, tapi hari-hari kerja cukup enak dan nggak lama antrenya. Selamat berbelanja buku!

      Delete
  4. AYOO SERBUU GAN MUMPUNG GRATIS DAN MURAH
    ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
    Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
    Bonus 10% All Games Bolavada || Bonus Cashback 10% All Games Bolavada, Kecuali Poker ||
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!! Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!! ONLY ON : BOLAVADA(dot)com
    BBM : D89CC515
    bandar judi
    agen terpercaya
    sabung ayam

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts